IMG-LOGO

Prediksi Tren E-Commerce 2023


Dengan terbiasanya konsumen untuk melakukan pembelian secara online yang terakselerasi saat pandemi, platform e-commerce tetap dimanfaatkan oleh banyak konsumen. E-commerce menawarkan kelebihan tersendiri, sehingga konsumen tetap tertarik untuk bertransaksi pada kanal online. Pada artikel ini kami akan merangkum prediksi tren e-commerce di tahun 2023 untuk membantu bisnis menentukan strategi yang tepat dalam menumbuhkan bisnisnya.


OMNICHANNEL
Dengan semakin banyaknya konsumen yang kembali mengunjungi toko fisik, ini adalah kesempatan yang terbaik untuk dapat mengintegrasikan kanal offline dan online. Omnichannel diterapkan dengan tujuan untuk menjangkau konsumen dimanapun mereka ingin dijangkau, sehingga bisnis tidak akan kehilangan kesempatan untuk memenuhi kebutuhan konsumen terlepas dimanapun mereka ingin melakukan transaksi.

SOCIAL COMMERCE DAN LIVESTREAM SHOPPING
Dengan semakin banyaknya konsumen yang kembali mengunjungi toko fisik, ini adalah kesempatan yang terbaik untuk dapat mengintegrasikan kanal offline dan online. Omnichannel diterapkan dengan tujuan untuk menjangkau konsumen dimanapun mereka ingin dijangkau, sehingga bisnis tidak akan kehilangan kesempatan untuk memenuhi kebutuhan konsumen terlepas dimanapun mereka ingin melakukan transaksi. Kekuatan dari media sosial mengambil peran penting terhadap melonjaknya penggunaan social commerce dalam melakukan transaksi. Mengacu pada laporan dari Populix di ďThe Social Commerce Landscape in IndonesiaĒ, TikTok Shop merupakan platform yang menjadi pilihan utama pengguna untuk melakukan transaksi. Dikombinasikan dengan konten berupa video yang umum dikenal dengan livestream shopping, strategi ini telah berhasil mencatatkan penjualan dengan angka yang fantastis dan didominasi oleh produk kategori fashion.

PERSONALISED MARKETING
Konsumen akan selalu senang jika diperlakukan secara spesial. Salah satunya adalah dengan penerapan personalised marketing. Dengan personalised marketing, bisnis dapat menyampaikan pesan pemasaran yang telah disesuaikan dengan persona masing-masing konsumen, sehingga konsumen mendapatkan pengalaman yang lebih baik dengan sebuah bisnis. Untuk dapat menerapkan personalised marketing, dibutuhkan data pelanggan yang akurat agar pesan yang disampaikan tepat sasaran.

GENERASI MUDA = GENERASI PONSEL PINTAR
Subscription commerce lebih diperuntukkan untuk produk FMCG (Fast Moving Consumer Good) yang pembeliannya rutin dilakukan oleh konsumen setidaknya satu kali dalam satu bulan. Dengan subscription commerce, konsumen tidak perlu lagi berulang kali menambahkan produk-produk ke dalam keranjang. Produk yang rutin dibeli akan tersedia sesuai pilihan berikut dengan harga spesial. Subscription commerce sendiri sepertinya memang belum umum di Indonesia. Namun di wilayah Amerika dan Eropa, metode ini sudah umum diterapkan. Bahkan, menurut Kearney, hampir 35% pembeli online mingguan telah menggunakan metode subscription commerce.


Hubungi Kami
Untuk info lebih lanjut

Ikuti PCP Express

  • PCP Express

  • Jl. Pulo Gadung no. 26
  • Kawasan Industri JIEP
  • Jakarta Timur 13930
  • +62 21 5088 8585